Sejak memasuki masa sekolah kita kembali sibuk dengan berbagai kegiatan seperti sekolah dari pagi sampai sore, mengikuti les mata pelajaran, mungkin beberapa dari kita mengambil kursus bahasa atau keterampilan lainnya, belum lagi kegiatan ekstrakurikuler, dan PR yang selalu ada setiap hari.

Dengan banyaknya kegiatan tersebut jika tidak pandai mengatur waktu dapat membuat kita kurang tidur. Belum lagi adanya media sosial, tidak jarang kita lebih memilih untuk berselancar di internet dibandingkan menggunakan waktunya untuk istirahat.Tidak heran jika kita kerap kali mengantuk di kelas saat pelajaran dimulai. Tentunya mengantuk di kelas akan menurunkan konsentrasi kita, mengurangi informasi yang dapat kita terima dan akhirnya dapat mempengaruhi nilai akademik kita.

Menurut beberapa penelitian, kurangnya tidur dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam mengingat dan menyerap informasi baru. Terbayang jika kita memiliki pola tidur yang kurang teratur dan di sekolah harus selalu siap menerima materi baru namun kemampuan kita menyerap informasi berkurang akibat dari pola tidur yang kurang baik, nilai kita pun dapat menurun. Selain nilai akademik, berikut adalah yang dapat terjadi jika kita kurang tidur:

 

  • Performa Akademik Menurun
  • Menurut penelitian, murid yang memiliki pola yang tidur tidak baik menunjukkan performa akademik yang tidak optimal, sebagian besar dari mereka memiliki resiko untuk gagal dalam ujian. Performa akademik yang menurun ini salah satunya seperti berkurangnya kemampuan konsentrasi karena mengantuk saat proses belajar-mengajar berlangsung.
  • Performa yang turun dapat menyebabkan nilai menurun jika tidak segera dicari penyebab dan diatasi. Nilai akademik seseorang memang hasil dari interaksi beberapa faktor seperti motivasi, inteligensi, kesehatan, dan bagaimana seseorang berusaha.
  • Namun, kualitas tidur pun menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi hasil belajar karena ketika kita kurang tidur maka kemampuan kita dalam menyerap informasi menjadi tidak optimal, hasil yang didapat pun tidak sesuai dengan kemampuan yang sebenarnya kita miliki.

 

  • Kecelakaan Lalu Lintas, Salah satu konsekuensi yang paling memprihatinkan dari kurangnya tidur adalah mengantuk saat berkendara, penyebab umum kecelakaan terjadi.

 

 

 

  • Mood yang Tidak Stabil
  • Depresi dan tidur adalah hal yang saling berhubungan satu sama lain. Pola tidur yang tidak baik merupakan salah satu hal yang diakibatkan oleh depresi, meskipun tidak semua orang yang memiliki pola tidur berantakan adalah orang dengan depresi.Meskipun begitu, kurangnya waktu tidur juga dapat meningkatkan kecenderungan seseorang mengalami depresi. Orang dengan pola tidur yang tidak teratur, bahkan kurang dari yang dibutuhkan memiliki kemungkinan kehilangan kemampuan untuk merasakan kenikmatan atau rasa senang.
  • Ketika akan ke sekolah untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman padahal hari sebelumnya begadang semalaman, saat sampai di sekolah kita sudah merasa kehabisan tenaga padahal saat itu kita membutuhkan tenaga yang banyak. Perasaan kita pun menjadi buruk, tidak ingin diganggu karena sudah merasa lelah dan ketika kita tidak bisa mengatur emosi, hubungan kita dengan teman pun bisa menjadi tidak baik.

 

 

Jadi, apa pendapat kalian setelah melihat beberapa hal yang dapat terjadi jika kita kurang tidur? Merugikan bukan? Berikut adalah cara mengatur waktu dan menentukan prioritas agar dapat memiliki pola tidur yang lebih baik:

  • Kenali tujuanmu. Tuliskan dan identifikasi hal-hal apa saja yang membutuhkan perhatian.
  • Buat prioritas untuk mencapai tujuan. Setelah mengetahui tujuan dan tugas-tugas apa saja yang harus kamu lakukan, kamu bisa mengelompokan tugas-tugas menurut waktunya bisa dalam hari, minggu, maupun bulan; jenis tugas; atau asal tugas seperti sekolah, rumah, tempat kursus, atau lainnya.
  • Kontrol waktu. Setelah mengelompokkan tugas, kamu bisa mulai menentukan tugas mana yang perlu diselesaikan pertama, tentukan kapan kamu akan menyelesaikannya.
  • Komitmen untuk selalu tepat waktu. Setelah menentukan kapan dan apa saja yang diprioritaskan, usahakan untuk tetap berada di jalur. Sebaiknya catat dengan rapih apa yang menjadi rencanamu dalam waktu dekat di dalam buku catatan khusus atau menggunakan handphone dan tandai apa saja yang sudah kamu selesaikan. Jika ada tugas baru, ulang proses dari awal.

 

Tidak pernah ada kata telat untuk belajar, tidak terkecuali dalam melatih kemampuan mengatur waktu. Ada banyak hal positif yang akan didapat jika kita dapat mengatur waktu dengan baik, salah satunya adalah dapat bekerja optimal dengan memiliki kualitas tidur yang baik.

 

Referensi: Woods, H. C., & Scott, H. (2016). #Sleepyteens: social media use in adolescence is associated with poor sleep quality, anxiety, depression and low self-esteem. Journal of adolescence, 51, 41-49.

Hershner, S. D., & Chervin, R. D. (2014). Causes and consequences of sleepiness among college students. Nature and science of sleep, 6, 73.

Gardner, J. N., & Jewler, A. J. (2011). Your College Experience: Strategies for Success. The Freshman Year Experience Series. Wadsworth Publishing Company, 10 Davis Drive, Belmont, CA 94002.